Kamis, 20 Agustus 2009

Sedikit cerita, pagi ini saya menuju lab kampus. Dari sana saya bercakap-cakap dengan Admin lab, Mas Taufiq Rahman atau biasanya di panggil mas ping. Di ajarin cara mengutak atik kabel utp lab. nah ketika asyik ngobrol, pembicaraan kami menuju tentang kapan puasa jatuh. Nah waktu itu saya teringat pada 2 minggu yang lalu saya pernah bersama Pak Agah guru agama, dan Pak Syahri beliau berdua dari SMA Sejahtera Surabaya, saya waktu itu mempresetasikan aplikasi linux yaitu Stellarium. Tujuannya saya hendak mencari tahu bagaimana mencari hilal. waktu itu saya di beritahu jika hilal itu dapat di ketahui dari posisi bulan itu sendiri yang di lihat dari bumi, jadi saya melihat di stellarium posisi bulan pada tanggal 21 posisi bulan dan penampakan bulan masih kabur.
Hingga pada pukul 11 malam, perlahan tapi penampakan (munculnya) bulan baru. Akhirnnya saya cek pada jam 03.25 WIB (kamal, Madura, Indonesia) bulan menampakan dirinya.
Dan akhirnya saya sih menyimpulkan jika puasa jatuh pada tanggal 22 Agustus 2009 berdasarkan Stellarium. Terserah anda mau percaya atau tidak tapi Inilah teknologi yang semakin tahun semakin canggih dan saya rasa bisa memudahkan pekerjaan manusia. And Tak Lupa Selamat Berpuasa Bagi Yang Menjalankan.
Ini Hasil gambar lainnya di Stelarium

Bulan Pada Pukul 05.00 WIB 22/08/09












Bulan Pada Pukul 12.00 22/08/09



Bulan Pada Pukul 17.44 22/08/09



Reaksi:

3 komentar :

Jangan Lupa Komentar ya