Jumat, 22 April 2011

Guys, thanks dah berkunjung, sebelumnya tutorial ini semoga dapat membantu meringankan pekerjaan kawan IT support maupun sysadmin yg sering di salahkan gara-gara fb :) . Okey ini petunjuk2 nya. Sebelumnya saya menggunakan Router-Board 750, dan winbox untuk melakukan blokir ini, bagaimana dengan yg RouterOS? tenang gan, nanti saya beri tahu juga

  • Masuk ke WinBox.
  • Dalam hal ini interface yang saya gunakan adalah ether3.

  • Setelah sukses masuk menuju ip => firewall.
  • Pada filter rule klik tombol + dan ikuti gambar berikut:

  • Pada tab General Masukan pada Chain=Forward.
  • Masih pada tab General, pada out-interface, pilih ether yg hendak di kenai aturan,dalam hal ini saya gunakan ether3.
  • Pada tab Advance, pada colom content masukan "Facebook" (tanpa petik 2).

  • Pada tab  Action, pilih "drop"

  • Jangan Lupa di kasih komentar untuk mengingat rule.

  • Oke jika berhasil maka seperti ini hasilnya dan byte akan bertambah pada rule tersebut.


Oke dari sini sudah selesai untuk yang versi WinBox.

Ini yang buat RouterOS
masuk pada  / ip firewall filter > lalu ketikan 

add chain=forward out-interface=ether3 content=facebook action=drop comment=blok-fb

Keterangan:
ether3 : ethernet yang akan di berlakukan aturan, dalam hal ini ethernet yg saya gunakan adalah ether3.

Okey all is done.

4 komentar :

  1. Hayoo gan ajarin jaringan lagi?..ketagihan ini pengen belajar ke situ :) hehehe

    BalasHapus
  2. Nice, oke mas. saya sangat senang berbagi, yg saya punya ilmu jadi biar tambah banyak maka saya akan bagi-bagikan. Bisa kita jadwalkan lagi kok. Sep dah

    BalasHapus
  3. kalo dlm satu jaringan diseting misalkan pc 1-5 ga boleh buka buka facebook, trus pc 6-10 diperbolehkan, settingnya gimana ya ?

    BalasHapus

Jangan Lupa Komentar ya