Rabu, 07 September 2011


Hari raya ketupat kemarin memang terasa beda di rumah nenek ku. Yang sahrusny pada bikin opor ayam, eh malah aku minta dibuatkan manggul, makanan khas daerah madura. Ya, secara masih ada keturunan madura dari ibu, jadi ketika aku masih kecil, sering makan makanan ini.

Manggul itu makanan seperti bubur dengan rasa gurih dan nikmat pastinya. manggul, dimana penyajiannya di campur dengan serundeng dan lontong ini ternyata terbuat dari tepung beras
Santan dan bumbu.

Bumbu nya di sebut bumbu jangkep kalo nenek ku bilang, bumbu tersebut terdiri dari bawang merah-putih, cabe merah, kunyit, lengkuas, kencur, ketumbar, kemiri, dan daun jeruk.

  • Bumbu tersebut di campur dengan di aduk hingga halus.
  • Setelah halus, bumbu tersebut di campur juga dengan tepung beras dan santan.
  • Lalu di masak dengan cara di aduk hingga mengental di api yang sedang.
  • Setelah matang, biasanya langsung di hidangkan dengan lontong di dalamnya dan taburan serundeng di atas nya.

Hemm, yummiiii...., kebayangkan lezatnya makanan tradisional nan gurih tersebut. Ada yang mengatakan makanan ini di sebut manggul lantaran, penjualnya dahulu menjualnya dengan cara di panggul, uhm...., well bener or tidak yang penting makanan ini nikmat dan gurih.

Ouh iya, Selamat Hari Raya Ketupat ya!!!!

Aris Eko P
Reaksi:

3 komentar :

  1. diikutkan lombanya plat-m aja cok!

    BalasHapus
  2. Aduuuh jd ingat masa kecil di Surabaya, sukaaa banget sama bubur manggul....sdh puluhan tahun sy ga makan itu. Dulu yg jual lewat depan rumah, namanya buk Sum, jualannya lontong sate kelapa, sate sumsum dan bubur manggul....jadi pengeeeen hiks��
    Boleh minta takaran resepnya ga mas Aris?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo takaran resepnya, yang tahu betul adalah bibi saya, kalo memang berkenan nanti saya tanyakan, silahkan kontak saya via email ataupun fb "arisisme"

      Hapus

Jangan Lupa Komentar ya