Sabtu, 06 Desember 2008


Setelah nunggu berbulan bulan akhirnya keturutan juga. Akhirnya laptopku (BYON m31 T5550) dapat di instalasi sistem operasi Linux tepatnya Ubuntu 8.10 interprid ibex. Asalnya aku coba pakai mandriva kde.2008 tapi ketika mau masuk untuk tahap live cd tiba tiba nggak mau jalan lagi. terus aku coba lagi tapi kali ini aku aktifkan model verbose mode tapi tetap sama g jalan.
Terus aku coba tanya tanya (pada beberapa orang yang pernah pake linux) katanya laptopku tuh chipsetnya ga ndukung (chipsetnya pake SIS) sempet kecewa and g semangat lagi, tapi aku coba ke PC di rumah yang speknya lebih kecil yaitu pake celeron tapi aku lupa spesifiknya. setelah aku coba ternyata bisa. Say thanks to god.... akhirnya berhasil juga. tapi masih belum puas karena aku di rumah dalam seminggu cuma 2 hari doank coz q harus kuliah di luar pulau (madura punya). Pas da kuliah mengenai Operating System aku tanya ma dosen. aku di sarankan untuk pakai distro keluaran terbaru. aku akhirnya pinjem punyaknya kakak kelas untuk keluaran yang terbaru tapi juga sama tetep ga bisa (pa gue yang g bisa otak atik?). Akhirnya aku menuju BYON center dan konsultasi jawaban mereka juga sama ternyata chipsetnya laptopku g ndukung. Akhirnya lelah aku hampir putus asa. 26 november aku ikut seminar linux (pengenalan) distro keluaran terbaru dari ubuntu. aku tanya tanya juga di forum tersebut jawaban pun masih sama. Hingga akhirnya aku ada study clubnya anak ITC waktu itu aku ikut linux disana aku kenal ma masternya linux Unijoyo bang Rotua aku tanya tanya dan akhirnya laptopku di otak atik pertamanya pakai linux elive bisa namun ketika akan di instal (setelah masuk dengan live CD) tetep g bisa. 2 minggu setelah itu (kemarin kamis) aku lupa bawa CD elive akhirnya ma bang Rotua pakai Ubuntu 8.10. Seingatku ketuka mau masuk pilihan install ma bang Rotua da yang di setting (aku lupa ntar tak up load lagi) akhirnya bisa dan berhasil di install meski harus merelakan resolusi ku standart 800x600 dan beberapa aplikasi lain yang da hubungannya ma resolusi (efek Cube Desktop, dll). Tapi yang penting sekarang gue dah bisa jelajah dan otak atik linux sekalian real party. Thanks Bang Rotua yang g pernah bosen bantu aku. Gooo......||||||
Tulisan ini tidak bertujuan untuk memblacklist salah satu produck tertentu, tapi tulisan ini hanya untuk sharing dan menambah wawasan.
Reaksi:

0 komentar :

Posting Komentar

Jangan Lupa Komentar ya